Peran Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran
Gambaran pemanfaatan kecanggihan teknologi informasi adalah untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran. Pengertian TIK menurut beberapa ahli Teknologi informasi, diantaranya
sebagai berikut.
1. Teknologi Informasi adalah studi
atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa,
dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan
gambar (kamus Oxford, 1995)
2.
Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (software &
hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan
juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin,
1999)
3. Teknologi Informasi adalah segala
bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi
dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
Keuntungan
pemanfaatan komputer sebagai alat bantu dalam proses belajar menurut Heinich
dkk. (1986): Memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya,
dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas belajarnya. Bahkan komputer dapat
menciptakan iklim belajar yang efektif. Bagi peserta didik yang lambat (slow
learner), tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi peserta didik
yang lebih cepat (fast learner). Kewajiban guru memanfaatkan TIK
tercermin dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi
Akademik dan Kompetensi Guru.
Standar yang
memuat daftar kompetensi pedagogik, kepribadian, professional 16 dan sosial
yang terintegrasi dalam kinerja seorang pendidik. Ditegaskan dalam kompetensi
pedagogik dan kompetensi profesional untuk semua kelompok guru (PAUD/TK/RA,
SD/MI, Mata pelajaran), tentang kompetensi memanfaatkan TIK.
Kebijakan
pemerintah dalam menerapkan Sistem Pembelajaran berdasarkan Peraturan
Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), membawa
implikasi terhadap sistem dan penyelenggaraan pendidikan, pengembangan dan
pelaksanaan kurikulum
yang dapat dan memungkinkan peserta didik proaktif mencari berbagai sumber belajar berbasis teknologi.
yang dapat dan memungkinkan peserta didik proaktif mencari berbagai sumber belajar berbasis teknologi.
PESERTA
Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru, karena itu tugas guru adalah menciptakan suatu proses belajar bagi peserta didik yang optimal dan menarik dengan memiliki motivasi yang tetap terjaga. Guru harus mampu mengkondisikan lingkungan belajar yang menyenangkan, untuk membangkitkan minat dan motivasi belajar. Implikasi dari kebijakan pemerintah terhadap pembelajaran berbasis TIK mengacu pada peraturan pemerintah tersebut menempatkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan satu kelompok mata pelajaran. Hal ini didukung oleh Permen No. 22 Tahun 2006 tentang Kerangka Dasar Kurikulum, yang mengharuskan proses pembelajaran mengarahkan kepada guru untuk mengenal, menyikapi dan mengapresiasi IPTEK sebagai kebutuhan dalam pemberian pengalaman belajar.
Berdasarkan peran untuk mewujudkan efektifitas dan optimasi pembelajaran, maka TIK dapat digunakan sebagai media pembelajaran melalui presentasi Powerpoint; CD/Multimedia pembelajaran interaktif video pembelajaran internet.
Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru, karena itu tugas guru adalah menciptakan suatu proses belajar bagi peserta didik yang optimal dan menarik dengan memiliki motivasi yang tetap terjaga. Guru harus mampu mengkondisikan lingkungan belajar yang menyenangkan, untuk membangkitkan minat dan motivasi belajar. Implikasi dari kebijakan pemerintah terhadap pembelajaran berbasis TIK mengacu pada peraturan pemerintah tersebut menempatkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan satu kelompok mata pelajaran. Hal ini didukung oleh Permen No. 22 Tahun 2006 tentang Kerangka Dasar Kurikulum, yang mengharuskan proses pembelajaran mengarahkan kepada guru untuk mengenal, menyikapi dan mengapresiasi IPTEK sebagai kebutuhan dalam pemberian pengalaman belajar.
Berdasarkan peran untuk mewujudkan efektifitas dan optimasi pembelajaran, maka TIK dapat digunakan sebagai media pembelajaran melalui presentasi Powerpoint; CD/Multimedia pembelajaran interaktif video pembelajaran internet.
Fungsi TIK sebagai media dalam proses belajar mengajar, terdiri atas dua bagian yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Untuk lebih jelasnya gambaran tentang fungsi TIK dalam pembelajaran dapat dilihat sebagai berikut.
Gambar 6. Fungsi Teknologi Informasi
Fungsi perangkat
teknologi masukan (input) adalah untuk penangkap informasi dari sumber,
contoh teknologi ini, antara lain barcode scanner dan keyboard.
Fungsi perangkat teknologi keluaran (output), umumnya informasi ditampilkan
pada monitor dan hasil print (hard copy).
Perangkat lunak, memiliki kandungan isi dan infrastruktur yang fungsinya sebagai alat yang berkaitan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi.
Perangkat lunak, memiliki kandungan isi dan infrastruktur yang fungsinya sebagai alat yang berkaitan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi.
Teknologi
penyimpan menyangkut segala peralatan yang digunakan untuk menyimpan data.
Beberapa penyimpan data adalah hard disk, disket, flash disk.
Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang memungkinkan hubungan jarak
jauh, contoh Internet dan ATM. Mesin pemroses berfungsi untuk mengingat
data/program dan mengeksekusi program ( komponen
CPU).
CPU).
Perangkat teknologi Hardware, terbagi
menjadi tiga, yaitu:
(a) Perangkat Keras di luar
Casing
(b) Perangkat Keras di dalam Casing,
(c) Perangkat Keras Tambahan, lihat Gambar 7 di bawah ini.
Gambar 7. Kelompok Perangkat
Teknologi Hardware
Jenis-jenisnya software: (a) Software Sistem : induk dari software yang harus ada di dalam komputer, macamnya : Ms DOS; Ms Windows; Linux (system berbasis Unix); Macintosh. (b) Software Aplikasi : berfungsi untuk pengolahan data sesuai kebutuhan. contoh : Ms Office dan aplikasi lainnya. Pemanfaatan TIK di dunia pendidikan melalui berbagai jenis aplikasi, al: Elearning, Online Courses, Electronic Library, Computer Aided Instruction (CAI) dan berbagai jenis aplikasi lainnya.
Gambar 8. Jaringan Komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar