Modul F KP 1 : Ruang Lingkup Pembelajaran berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Menurut
Pusat Kurikulum Indonesia (2008), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau
Information and Communication Technology (ICT) mencakup dua aspek
kata yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi
informasi berkaitan dengan proses manipulasi dan pemprosesan informasi, sedangkan
teknologi komunikasi berkaitan dengan proses menyampaikan informasi dari
pengirim ke penerima. Singkatnya bahwa informasi merupakan hasil dari sebuah
data yang telah diproses dan menjadi data yang akan diolah menjadi informasi
yang lainnya.
Komputer
untuk pembelajaran sering diistilahkan dengan pembelajaran berbasis komputer
atau yang sering disebut Computer Assisted Instruction (CAI) oleh Hick
and Hyde. Gatot Pramono (2008: 3) memberikan batasan istilah yang spesifik bagi
suatu paket pembelajaran berbasis komputer adalah CAI, CAL (Computer Assisted
Learning) atau CBL (Computer Based Learning).
Multimedia
adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media yang berbeda untuk menyampaikan
informasi atau penggunaan sejumlah teknologi berbeda yang memungkinkan untuk
menggabungkan media dengan cara baru untuk tujuan pembelajaran yang lebih
efektif.
Beberapa
keuntungan pemanfaatan komputer dalam pembelajaran menurut, Roblyer &
Edward, (2000; 13); Mappalotteng, A.M. (2011:10):
1. Motivasi dapat
meningkatkan perhatian pembelajar, melibatkan pembelajar menghasilkan pekerjaan
dan meningkatkan kontrol belajar
2. Dukungan terhadap
pendekatan pengajaran baru yakni kooperatif, share intellegence, problem
solving, kecakapan intelektual tingkat tinggi
3. Kapabilitas
pengajaran (instructional) dapat menghubungkan pembelajar pada sumber
informasi, menolong pembelajar memvisualisasi masalah dan persoalan, pelacakan
perkembangan belajar, menghubungkan pembelajar pada learning tools
4. Peningkatan
produktivitas pengajar, pengajar memiliki waktu luang dalam pembelajar sebagai
fasilitator, menyediakan informasi yang lebih akurat dan cepat, memberi
kesempatan pengajar untuk memproduksi bahan pengajaran menjadi lebih menarik
dan student-friendly secara lebih cepat
5.Membantu melatih
kecakapan yang dibutuhkan dalam era teknologi informasi antara lain untuk melek
teknologi, informasi dan visual.
Secara
operasional, yang dimaksud dengan pembelajaran berbasis TIK adalah aktivitas
pembelajaran yang didukung oleh
infrastruktur TIK, menggunakan aplikasi pengelolaan pembelajaran dan aturan
yang
dirancangkan menggunakan konten digital (Digital Based Content).
dirancangkan menggunakan konten digital (Digital Based Content).
Berdasarkan fungsi teknologi, perangkat komputer dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu:
1. Hardware (Perangkat Keras)
- Piranti masukkan (input device) : Mouse, keyboard, scanner
- Piranti Pengolah (central Processing Unit= CPU), Arithmetic Logic Unit (ALU), Control Unit (CU)
- Piranti Keluaran (output device) : Speaker, monitor, printer dan Penyimpan Cadangan/Backing Storage (Storage Device); berfungsi untuk menyimpan informasi non aktif di dalam komputer. Contoh : Harddisk, Floppy (CD-ROM, CD-R, CD-RW,dll).
2. Software (Perangkat Lunak)
Instruksi-instruksi untuk mengatur perangkat keras agar bekerja sesuai dengan tujuan instruksi disebut perangkat lunak atau software.
Terdiri dari Software sistem dan Software aplikasi.
Software sistem: Sistem Operasional dan Program Utilitas
Software Aplikasi: Dirancang untuk menyelesaikan aplikasi
Software sistem adalah perangkat lunak yang berhubungan langsung dengan komponen perangkat keras komputer, perawatan, maupun pemrogramannya.
Software Word Processor (pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar, memiliki keistimewaan dalam, penulisan, pembentukan (formatting) penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan. Mempunyai ciri khas umum dalam mengolah mulai dari karakter, kata, kalimat, yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, dan kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file atau dokumen.
Software Aplikasi yang membantu pengguna untuk menyelesaikan tugas tugas, sudah tersedia dalam bentuk paket-paket program, seperti Microsoft Office Word, Excel, Winamp, Adobe, Corel Draw, dll
Perangkat Lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. Sistem Operasi, adalah bagian perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan dengan pengguna. Contoh : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), dll
b. Program Utilitas, adalah program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer,seperti anti virus, partisi, manajemen hardisk, dll. Contoh: Norton Utilities, PartitionMagic dll
c. Software Aplikasi, adalah program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
d. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, Contoh : (a) Presentasi : MS Powerpoint, dll; (b) Desain grafis : Coreldraw, Photoshop, dll; (c) Pengolah kata/editor ; Wordstar, MS Word, Word Perfect, Amipro, dll; (d) Pengolah angka/lembar kerja : Lotus123, MS Excell, dll
b. Program Utilitas, adalah program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer,seperti anti virus, partisi, manajemen hardisk, dll. Contoh: Norton Utilities, PartitionMagic dll
c. Software Aplikasi, adalah program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
d. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, Contoh : (a) Presentasi : MS Powerpoint, dll; (b) Desain grafis : Coreldraw, Photoshop, dll; (c) Pengolah kata/editor ; Wordstar, MS Word, Word Perfect, Amipro, dll; (d) Pengolah angka/lembar kerja : Lotus123, MS Excell, dll
Secara sistem komputer terdiri dari tiga perangkat komponen dasar, yaitu :
(1) Perangkat keras (Hardware);
(1) Perangkat keras (Hardware);
(2) Perangkat Lunak (Software);
(3) Manusia (Brainware).
Manusia (Brainware), peran manusia dalam sistem komputer, diantaranya adalah;
a. Melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang pemecahannya dalam bentuk program komputer.
b. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat kedalam bahasa pemrograman hingga solusi dapat dijalankan oleh komputer
c. Teknisi, Operator, bertugas merakit dan menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan. Pemanfaatan Komputer untuk desain materi pembelajaran dikembangkan berdasarkan teori kognitif dan teori pembelajaran Adaptive Learning Theory, Preferred Modality Theory dan Cognitive Flexibility Theory.
a. Melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang pemecahannya dalam bentuk program komputer.
b. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat kedalam bahasa pemrograman hingga solusi dapat dijalankan oleh komputer
c. Teknisi, Operator, bertugas merakit dan menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan. Pemanfaatan Komputer untuk desain materi pembelajaran dikembangkan berdasarkan teori kognitif dan teori pembelajaran Adaptive Learning Theory, Preferred Modality Theory dan Cognitive Flexibility Theory.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar