Rabu, 29 Maret 2017

Modul F KP I : Ruang Lingkup Pembelajaran Berbasis TIK



Modul F KP 1 : Ruang Lingkup Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Menurut Pusat Kurikulum Indonesia (2008), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) mencakup dua aspek kata yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.


Teknologi informasi berkaitan dengan proses manipulasi dan pemprosesan informasi, sedangkan teknologi komunikasi berkaitan dengan proses menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima. Singkatnya bahwa informasi merupakan hasil dari sebuah data yang telah diproses dan menjadi data yang akan diolah menjadi informasi yang lainnya.


Komputer untuk pembelajaran sering diistilahkan dengan pembelajaran berbasis komputer atau yang sering disebut Computer Assisted Instruction (CAI) oleh Hick and Hyde. Gatot Pramono (2008: 3) memberikan batasan istilah yang spesifik bagi suatu paket pembelajaran berbasis komputer adalah CAI, CAL (Computer Assisted Learning) atau CBL (Computer Based Learning).


Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau penggunaan sejumlah teknologi berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media dengan cara baru untuk tujuan pembelajaran yang lebih efektif.


Beberapa keuntungan pemanfaatan komputer dalam pembelajaran menurut, Roblyer & Edward, (2000; 13); Mappalotteng, A.M. (2011:10):


1. Motivasi dapat meningkatkan perhatian pembelajar, melibatkan pembelajar menghasilkan pekerjaan dan meningkatkan kontrol belajar 

2. Dukungan terhadap pendekatan pengajaran baru yakni kooperatif, share intellegence, problem solving, kecakapan intelektual tingkat tinggi

3. Kapabilitas pengajaran (instructional) dapat menghubungkan pembelajar pada sumber informasi, menolong pembelajar memvisualisasi masalah dan persoalan, pelacakan perkembangan belajar, menghubungkan pembelajar pada learning tools

4. Peningkatan produktivitas pengajar, pengajar memiliki waktu luang dalam pembelajar sebagai fasilitator, menyediakan informasi yang lebih akurat dan cepat, memberi kesempatan pengajar untuk memproduksi bahan pengajaran menjadi lebih menarik dan student-friendly secara lebih cepat

5.Membantu melatih kecakapan yang dibutuhkan dalam era teknologi informasi antara lain untuk melek teknologi, informasi dan visual.

Secara operasional, yang dimaksud dengan pembelajaran berbasis TIK adalah aktivitas pembelajaran  yang didukung oleh infrastruktur TIK, menggunakan aplikasi pengelolaan pembelajaran dan aturan yang
dirancangkan menggunakan konten digital (Digital Based Content).

 Berdasarkan fungsi teknologi, perangkat komputer dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu:

1. Hardware (Perangkat Keras)

Hardware (perangkat keras) terdiri dari :

  • Piranti masukkan (input device) : Mouse, keyboard, scanner
  • Piranti Pengolah (central Processing Unit= CPU), Arithmetic Logic Unit (ALU), Control Unit (CU)
  • Piranti Keluaran (output device) : Speaker, monitor, printer dan Penyimpan Cadangan/Backing Storage (Storage Device); berfungsi untuk menyimpan informasi non aktif di dalam komputer. Contoh : Harddisk, Floppy (CD-ROM, CD-R, CD-RW,dll).

2. Software (Perangkat Lunak)

Instruksi-instruksi untuk mengatur perangkat keras agar bekerja sesuai dengan tujuan instruksi disebut perangkat lunak atau software.
Terdiri dari Software sistem dan Software aplikasi.
Software sistem: Sistem Operasional dan Program Utilitas
Software Aplikasi: Dirancang untuk menyelesaikan aplikasi

 Software sistem adalah perangkat lunak yang berhubungan langsung dengan komponen perangkat keras komputer, perawatan, maupun pemrogramannya.

Software Word Processor (pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar, memiliki keistimewaan dalam, penulisan, pembentukan (formatting) penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan. Mempunyai ciri khas umum dalam mengolah mulai dari karakter, kata, kalimat, yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, dan kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file atau dokumen.
Software Aplikasi yang membantu pengguna untuk menyelesaikan tugas tugas, sudah tersedia dalam bentuk paket-paket program, seperti Microsoft Office Word, Excel, Winamp, Adobe, Corel Draw, dll

Perangkat Lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

a. Sistem Operasi, adalah bagian perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan dengan pengguna. Contoh : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), dll
b. Program Utilitas, adalah program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer,seperti anti virus, partisi, manajemen hardisk, dll. Contoh: Norton Utilities, PartitionMagic dll
c. Software Aplikasi, adalah program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
d. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, Contoh : (a) Presentasi : MS Powerpoint, dll; (b) Desain grafis : Coreldraw, Photoshop, dll; (c) Pengolah kata/editor ; Wordstar, MS Word, Word Perfect, Amipro, dll; (d) Pengolah angka/lembar kerja : Lotus123, MS Excell, dll
 

 Secara sistem komputer terdiri dari tiga perangkat komponen dasar, yaitu :
(1) Perangkat keras (Hardware);
(2) Perangkat Lunak (Software);
(3) Manusia (Brainware).

Manusia (Brainware), peran manusia dalam sistem komputer, diantaranya adalah;
a. Melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang pemecahannya dalam bentuk program komputer.
b. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat kedalam bahasa pemrograman hingga solusi dapat dijalankan oleh komputer
c. Teknisi, Operator, bertugas merakit dan menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan. Pemanfaatan Komputer untuk desain materi pembelajaran dikembangkan berdasarkan teori kognitif dan teori pembelajaran Adaptive Learning Theory, Preferred Modality Theory dan Cognitive Flexibility Theory.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya komunikasi yang baik antara pasutri

Menurut penelitian wanita perlu bicara krg lbh 20.000 kata/hari dibandingkan pria yg hanya perlu bicara krg lbh 7000 kata/hari,,,,tetapi pri...